DPRD Kabupaten Demak menerima Audiensi dari Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) pada Hari Jum’at, 18 Oktober 2019. Pada audiensi kali ini diterima oleh Bapak H. S Fahrudin Bisri Slamet, S.E (Ketua DPRD Kabupaten Demak), Bapak Ulin Nuha, S.Pd.I (Ketua Komisi D), Bapak H. Faozan, S.H (Sekretaris Komisi D), dan Bapak H. Marwan (Anggota Komisi D). Selain itu, kami juga mendatangkan OPD yang terkait, yaitu dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Audiensi dari PGSI menyampaikan Aspirasi sebagai berikut :

  1. Mendesak DPRD Kab. Demak, untuk meprioritaskan pembahasan dan pengesahan Raperda Penyelengaraan Pendidikan di Kabupaten Demak yang sudah disetujui semua Fraksi di DPRD pada periode 2014-2019, dengan revisi pada pasal 35 ayat 2 dan pasal 45 ayat 1, 2.
  2. Mendesak Bupati Demak yang berlatar belakang sebagai Pendidik dan didukung oleh berbagai elemen guru saat PILKADA, serta pernah mendapat penghargaan di bidang pendidikan, untuk “Mikirke dan Peduli terhadap ustadz dan guru dengan mengesahkan Raperda penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Demak menjadi Perda, bersama dengan DPRD.
  3. Apabila Bupati masih ragu-ragu terhadap Raperda penyelenggaraan Pendidikan tersebut, maka dipersilahkan mengundang pengurus organisasi-orgaisasi profesi guru di Kabupaten Demak, untuk sharing atas isi Raperda.
  4. Mendesak kepada DPRD bersama Bupati untuk Paripurna pengesahan Raperda Penyelenggaran Pendidikan di Kabupaten Demak menjadi Perda, selambat-lambatnya sebelum pelaksanaan Pilkada Kabupaten Demak 2020.
  5. Jika Raperda Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Demak tidak  disahkan sebelum Pilkada 2020, maka kami kan menggerakkan masa “Demo dan Tahlil bersama” di depan Kantor Bupati Demak sebagai bentuk keprihatinan atas ketidakpedulian Bupati Demak terhadap Ustadz dan Guru swasta. Bila masih tidak ada respon, maka kami akan “cuti” mengajar secara masal.

Selain Aspirasi di atas, pihak PGSI juga mengajukan permohonan Pendampingan dan Fasilitasi Study Banding ke Pemkot Kota Cirebon dan DPRD Kota Cirebon.

Adapun dari Aspirasi diatas, Bapak H. S Fahrudin Bisri Slamet, S.E selaku Ketua DPRD Kabupaten Demak mengambil kesimpulan sebagai berikut :

  1. Pengajuan Dana Hibah untuk PGSI untuk bisa dimasukkan di dalam pembahasan KUA PPAS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Pihak PGSI mengajukan Proposal yang ditujukan Kepada Bupati Demak agar ada kejelasan Dispo. 
  3. Terkait Perda Pendidikan agar bisa di koordinasikan dengan secepatnya untuk di Paripurnakan.

 

 

 


Share this post on: