World Clean Up Day, Ribuan Warga Demak Gelar Aksi Pungut Sampah

DEMAK – Ribuan warga Demak gelar aksi pungut sampah saat peringati World Cleanup Day yang dilakukan serentak se Kabupaten Demak, Sabtu (15/9). Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak Drs. Agus Musyafak, M.Si mengatakan, Kegiatan yang berlangsung di 14 Kecamatan di Kabupaten Demak itu berhasil mengumpulkan sebanyak 5758,5 Kilogram sampah. “Jumlah sampah organik sebanyak 3689 Kilogram, sampah anorganik 1687,5 Kilogram dan sampah residu sebanyak 382 Kilogram,” ujarnya.
Agus menjelaskan, sampah yang bisa didaur ulang akan dialihkan ke bank sampah sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang akan ditaruh di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Ia menambahkan, aksi pungut sampah pada Hari Bersih sedunia (World Cleanup Day) tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.
Agus juga mengungkapkan, kebersihan merupakan tanggung jawab bersama. Tidak hanya pemerintah, namun peran masyarakat tentu sangat dibutuhkan untuk mewujudkan lingkungan bersih, indah dan sehat. “Kita memang punya petugas kebersihan lingkungan, itu semata-mata untuk membantu menangani hasil pekerjaan mereka,” katanya. (Humas Demak)