Kunjungan Kerja Bapemperda DPRD Kota Pekalongan di DPRD Kabupaten Demak

Jumat, 5 Juli 2019, bertempat di Ruang Sekretaris DPRD Kab. Demak, Bapemperda DPRD Kota Pekalongan berkunjung ke DPRD Kab. Demak diterima oleh Bapak Sunardi, SH selaku Kasubag. Kajian Hukum dan perundang-undangan dan Bapak Abdul Syukur, ST selaku Kasubag. Akuntansi, Aset dan pelaporan DPRD Kab. Demak membahas terkait Laporan Akhir Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

Bapemperda bertugas untuk mengkoordinasikan penyusunan program pembentukan Perda antara DPRD dan Pemerintah Daerah. Instrumen yang merupakan perencanaan program pembentukan peraturan daerah yang dilakukan secara terencana, terpadu dan sistematis dinamakan Propemperda.

Propemperda di DPRD Kabupaten Demak Tahun 2019 berjumlah 30 Raperda. Raperda Eksekutif 11 Raperda, sisanya 19 Raperda Inisiatif DPRD. Raperda yang sudah ditetapkan sampai saat ini ada 7 Raperda, 4 dari Eksekutif dan 3 dari Inisiatif DPRD sedangkan yang masih dalam pembahasan ada 5 Raperda yaitu, 3 dari Eksekutif dan 2 Inisiatif DPRD.

Sedangkan Propemperda di DPRD Kota Pekalongan Tahun 2019 berjumlah 11 Raperda, Raperda Eksekutif 7 Raperda dan 4 Raperda Inisiatif DPRD. Yang masih dalam pembahasan Pansus ada 3 Raperda, yaitu 2 Raperda Eksekutif dan 1 Raperda Inisiatif DPRD.