Panitia Khusus D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Demak

Panitia Khusus D melaksanakan kegiatan workshop di Yogyakarta yang  bertujuan untuk membahas dan menyempurnakan Raperda tentang Cagar Budaya. Rapat Pansus D dilaksanakan secara internal serta mengundang Perangkat Daerah terkait.

Raperda tentang Cagar Budaya ini dibentuk berlandaskan pada Pasal 32 ayat (1) Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang menyatakan bahwa “negara memajukan kebudayaan nasional  Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”. Di samping itu undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya mengamanatkan Pemerintah daerah mempunyai kewajiban melaksanakan kebijakan memajukan kebudayaan daerah secara utuh untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Setelah Panitia Khusus D melakukan pembahasan terhadap Raperda tentang Cagar Budaya, maka Panitia Khusus D sepakat bahwa Raperda tersebut telah selesai di bahas dan rapat di paripurnakan dengan perubahan sebagaimana tersebut.