Kunjungan Kerja Pansus A dan B DPRD Kab. Demak ke DPRD Kab. Gresik dan DPRD Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur terkait 2 Raperda

Kunjungan kerja Pansus A dan B Kab. Demak ke DPRD Kab. Gresik dan Kota Surabaya berdiskusi terkait Raperda Perlindungan Anak dan Raperda penyelenggaraan Perpustakaan di kabupaten setempat.

Di Kabupaten Gresik sendiri Raperda Perlindungan anak masih dalam proses pengesahan yaitu masih dievaluasi Gubernur. Disana dalam penanganan perlindungan anak terdapat relawan-relawan yang berjumlah 10 orang, salah satunya bertugas menampung sementara anak-anak yang terkene kasus. Tenaga relawan tersebut mendapatkan honor dari dana  APBD.

Sedangkan untuk Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan di Kabupaten Gresik, upaya yang dilakukan Pemerintah untuk meningkatkan minat baca yaitu dengan menghidupkan Perpustakaan Desa berupa pemberian komputer-komputer di setiap perpustakaan desa.

Di kota Surabaya sendiri Perlindungan anak sudah memiliki payung hukum berupa Perda nomor 6 Tahun 2011 yang disahkan dalam sidang paripurna pada tanggal 13 September 2011. Tujuan utama perda perlindungan anak adalah memberikan perlindungan terhadap anak karena masih ada berbagai masalahan seperti anak jalanan, anak yang bermasalah dengan hukum, traffiking dan pekerja anak.

Sedangkan untuk Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan, Kota Surabaya sudah memiliki perpustakaan umum sebagai tempat pembelajaran untuk menompang sektor pendidikan, namun hampir sama dengan perpustakaan di seluruh daerah di Indonesia, bahwa kemajuan teknologi yang signifikan membuat rendahnya minat baca.